Tips Menghilangkan Kemalasan

    Author: Unknown Genre: »
    Rating

    Anda sedang apa? Membaca Al-Qur’an, membaca buku- buku agama, murojaah pelajaran? Apakah anda pernah terserang malas dan kantuk padahal baru dalam hitungan menit anda melakukannya, maka inilah tips mengatasinya:
    Pertama, membasuh muka dengan air dingin atau mandi ketika merasakan kantuk atau malas. Sehingga bisa memberikan kehangatan dan semangat baru. 
    Kedua, mengubah posisi duduk ketika membaca. Apabila membaca dengan berbaring, maka cobalah dengan duduk. Apabila sedang duduk maka bacalah dengan berdiri atau dengan jalan- jalan di sekitar kamar.
    Ketiga, berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain di rumah, jika memungkinkan, sehingga bisa memberikan sedikit semangat.
    Keempat, menghirup udara segar dengan berdiri di jendela atau membuka jendela- jendela kamar lain untuk menambah kesegaran.
    Kelima, berjalan- jalan sebentar di sekeliling rumah atau dipekarangan. 
    Keenam, berbicang- bincang dengan ayah atau ibu atau dengan anggota keluarga lainnya tentang sesuatu yang mubah, bukan yang terlarang atau yang maksiat. Kegiatan tersebut membuat anda lebih bersemangat untuk membaca atau menghafal. 
    Ketujuh, berdiri membuat secangkir teh, kopi, susu atau juice, untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal. 
    Kedelapan, ketika merasakan kemalasan dan kebosanan, maka istirahatlah sejenak. Tapi, hati- hati, jangan sampe istirahat sejenak ini menjadikan tidur nyenyak yang berkepanjangan. 
    Kesembilan, mengubah kegiatan ketaatan. Misalnya kalau merasa bosan membaca dalam waktu dua jam, maka gantilah dengan istigfar, shalat atau mendengarkan kaset- kaset Islam selama satu jam kemudian kembali membaca lagi niscaya kemalasan akan hilang. 
    Kesepuluh, mengubah indera yang dipakai dalam beribadah. Apabila bosan membaca kitab dengan menggunakan indera mata, gantilah dengan mendengar ceramah- ceramah agama, menggunakan indera pendengar anda. Apabila bosan mendengar kaset, gantilah dengan menulis yang mengunakan tangan. Dengan demikian, anda akan berpindah dari satu indera ke indera yang lain tanpa anda sadari. Dan kemalasan akan hilang, semangat baru akan datang.
    Kesebalas, Melakukan gerak badan yang tidak membutuhkan waktu panjang. Seperti misalnya mengembalikan buku- buku ke tempat semula, merapikan kaset di laci- laci, atau merapikan kamar. Semua itu akan mengembalikan semangat dan membuang kebosanan.
    Semoga bermanfaat..
    Disadur dari buku “102 Kiat Agar Semangat Belajar Agama Membara” dengan sedikit penyesuaian oleh Muhammad Said.
    Artikel:lisfaumm.blogspot.com  



    Leave a Reply